Friday, January 1, 2016

Resep Tahu Tempe Kuah Santan Rasanya Mantap Lho

Resep Tahu Tempe Kuah Santan Rasanya Mantap Lho - Tahu tempe memiliki kandungan protein nabati yang dibutuhkan tubuh. Tahu tempe merupakan lauk yang sehat dan murah. Sebenarnya, kandungan protein nabati lebih cepat proses pencernaannya dibanding protein hewani seperti telor, ayam, ikan atau daging sapi. Supaya tidak bosan, tahu tempe memang harus disajikan dalam menu makanan yang berbeda tiap harinya. 

Resep Tahu Tempe Kuah Santan

Resep kali ini memang sudah populer di kalangan ibu rumah tangga yang sudah masak olahan tahu tempe. menu masakan bisa anda kreasikan sesuai selera. Toh, dalam resep makanan sehari hari bisa diputuskan sesuai kesepakatan keluarga, misalnya si adek minta kering tempe atau si kakak minta tumis tempe. Nah, dimana keunikan dari tahu tempe kuah pedas manis? Yup, cita rasa yang khas ada pada santan kental yang dipakai. Sensasi santan yang kuahnya tidak bening ini membuat menu tahu tempe spesial, bisa untuk porsi seharian. cukup dengan menghangatkannya. Penasaran kan gimana penampakannya?

resep makanan sehari hari resep tahu tempe kuah

Siapkan bahan berikut: 

5 buah - tahu kuning ukuran sedang dipotong dadu
250 gram - tempe dipotong-potong sesuai selera
100 gram - cabe gendot dipotong-potong, cuci bersih
100 gram - cabe hijau besar dipotong-potong
1 buah - tomat dipotong dadu
1 batang - bawang daun dipotong kasar
1 buah - bawang bombay dipotong-potong
1/4 sendok teh - kaldu bubuk
1/2 sendok teh - lada bubuk
1 sendok makan - gula pasir
3 sendok makan - kecap manis
700 ml - air
Minyak - secukupnya untuk menggoreng dan menumis

Bumbu yang dihaluskan :

5 butir - bawang merah
3 siung - bawang putih
3 buah - cabe merah besar
1 sendok makan - garam
3 cm - kencur
1 sendok makan - gula merah yang sudah disisir
1/2 sendok teh - terasi yang sudah dibakar
5 butir - kemiri

Cara Memasak Tahu Tempe Kuah Santan
  1. Panaskan sedikit minyak dalam wajan lalu tumis bumbu yang dihaluskan, aduk-aduk sampai harum. Tambahkan tomat, bawang daun dan bawang bombay.
  2. Masukkan tahu tadi, potongan tempe dan cabe gendot. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dan meresap.
  3. Tuangkan air, sambil aduk-aduk tambahkan kaldu bubuk, lada bubuk, gula pasir dan kecap. Aduk kembali dan masak sampai mendidih serta kuah matang, angkat dan siap untuk disajikan.
Tahu tempe kuah santan ini lumayan membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyajiannya. Yang membuat lama karena santannya. Jika anda melakukan secara manual, namun jika anda memiliki persediaan santan instan itu lebih cepat. Jika soal rasa, santan hasil perasan yang masih fresh jauh lebih gurih. Selamat mencoba ya, 


1 comment: