Friday, January 1, 2016

Resep Cumi Basah Pedas Manis

Resep cumi basa pedas manis- menu kali ini kami akan membahas olahan cumi. Siapa yang tidak tahu manfaat cumi? kandungan omega 3 pada cumi sangat baik untuk tubuh terutama anak-anak yang dalam proses tumbuh kembangnya bisa membuat anak lebih cerdas. Olahan cumi bisa digoreng atau ditumis saja. Tekstur daging yang empuk apabila dipadukan dengan pete dan pedasnya cabai memiliki cita rasa yang unik. Menu sehari-hari membutuhkan selingan, supaya keluarga tidak bosan. 

Pilih cumi yang berukuran kecil karena lebih cepat proses matangnya. Jika besar akan terasa alot, Yang paling sulit dalam membersihkan cumi adalah tinta hitam yang ada pada cumi. Biasanya tinta hitam ini dimasak dengan menu khusus, namun  hasil akhirnya berwarna hitam pekat. Jika anda ingin hasil yang bersih tanpa tinta hitam, jadi pastikan anda membersihkan cumi dengan baik menggunakan air mengalir. Anda bisa menambahkan jeruk nipis untuk mengurangi amis pada cumi.
 
Resep masakan sehari hari cumi basah pedas masis

Nah, selanjutnya siapkan bahan dan bumbu yaa...

Bahan dan bumbu :

500 gram - cumi basah ukuran kecil
secukupnya - air hangat untuk merendam
2 papan - pete
1 batang - bawang daun diiris kasar
1 buah - bawang bombay diiris kasar
3 buah - cabe merah besar diiris halus
1/2 ruas jari - jahe diiris halus
1 lembar - daun jeruk disobek
1 sendok teh - gula pasir
2 sendok makan - kecap manis
100 ml - air
Minyak sayur - secukupnya untuk menumis

Bumbu halus :

6 butir - bawang merah
3 siung - bawang putih
8 buah - cabe rawit merah
1/2 sendok teh - garam
1 sendok teh - gula merah yang sudah diserut

Cara Membuat Tumis Cumi Basah Pedas Manis

  1. Cuci bersih cumi-cumi dan tinta hitam dengan air yang mengalir atau air keran. Rendam dengan air hangat sekitar 20 menit lalu angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu halus lalu aduk-aduk sampai wangi. Masukkan bumbu yang diiris-iris termasuk daun jeruk aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata.
  3. Tuangkan 100 ml air, masukkan cumi yang sudah di rendam tadi dan pete lalu aduk- aduk hingga bumbu meresap.
  4. Masukkan gula pasir dan terakhir beri kecap manis, kemudian aduk-aduk kembali dan masak sampai bumbu meresap dan matang, angkat dan siap untuk dihidangkan selagi hangat.
Proses persiapan, memasak dan penyajian menu kali ini lumayan membutuhkan waktu agak lama karena dari bahannya juga membutuhkan perlakuan khusus, seperti mengurangi bau amis pada cumi, membersihkan tinta hitam pada cumi dan proses memasak. Pastikan anda memiliki cukup waktu untuk mengolah supaya tidak tergesa. Selamat mencoba ya..



1 comment:

  1. Terimakasih Artikel Resep Cumi Basah Pedas Manis nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Kue Putri Salju

    ReplyDelete