Friday, January 1, 2016

Resep Sup Iga Sapi Enak dan Segar

Resep sop iga sapi - Menu makanan yang berkuah biasanya menumbuhkan nafsu makan bagi anak atau pun orang dewasa yang menyukai makanan berkuah. Sayur sop daging iga sapi kali ini kuahnya bening, bumbunya mudah didapat dan proses pembuatannya sangat mudah juga. Aneka sayuran yang tergabung dalam menu ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dan rempah bumbu yang dihasilkan masakan ini rasanya segar. 

Olahan iga sapi bersama suwiran daging membuat kaldu kuah semakin gurih dan enak. Ketika anda membuatnya aroma kuahnya sangat kuat, bahkan lebih kuat jika dibandingkan dengan kaldu instan kemasan. Penasaran kan? gimana gurihnya....

resep masakan sehari hari sop iga sapi

Siapkan bahan berikut: 

500 gram - tulang dan daging iga sapi
100 gram - wortel dikupas lalu potong-potong
100 gram - kol dibersihkan lalu dipotong-potong
100 gram - kembang kol putih dibersihkan
100 gram - buncis dibersihkan, potong-potong
50 gram - agar laut putih dibersihkan lalu rendan dalam air, potong-potong
2 siung - bawang putih dihaluskan
4 butir - bawang merah dihaluskan
1 sendok teh - lada biji dihaluskan
1 buah - bawang bombay dipotong dadu
1 batang - bawang daun dipotong-potong
1 sendok makan - garam
1/4 sendok teh - pala bubuk
1 sendok makan - gula pasir
1 sendok teh - kaldu bubuk
2 tangkai - seledri dipotong-potong
1 buah - tomat dipotong-potong
4 sendok makan - minyak sayur untuk menumis
1500 ml - air

Cara Membuat Sop Iga Sapi Bening Spesial :

  1. Cuci bersih tulang dan daging iga sapi serta potong-potong menurut selera lalu masukkan ke dalam air yang sudah dididihkan sebelumnya, rebus dengan menggunakan api kecil kurang lebih selama 2 jam atau sampai daging iga sapi empuk.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih, bawang merah, lada biji, bawang bombay, bawang daun dan garam kemudian aduk-aduk sampai harum.
  3. Angkat dan masukkan bumbu yang ditumis tadi ke dalam rebusan, aduk-aduk sampai tercampur rata kemudian masak hingga didihkan kembali.
  4. Masukkan wortel, kol, buncis, agar laut putih dan kembang kol sambil diaduk lalu tambahkan gula pasir, kaldu bubuk, seledri dan tomat. Aduk kembali dan masak sampai bumbu dan rempah tercampur rata dan meresap atau masak sampai semuanya matang. Angkat dan tuang ke dalam mangkuk saji lalu hidangkan selagi hangat.

Tips mengolah daging iga supaya empuk sangat sederhana, ketika membeli perhatikan kesegaran iga sapi. Pastikan daging fresh bukan daging yang telah lama pemotongannya. warna merah pekat. Untuk menghasilkan iga sapi yang enak dan empuk dibutuhkan proses perebusan yang lumayan lama. 


No comments:

Post a Comment