Sunday, January 10, 2016

Resep Sup Gurame Kemangi Asam Pedas

Resep sup gurame kemangi asam pedas - Resep kali ini terbilang unik karena memadukan banyak manfaat. Untuk menyajikan menu masakan sehari hari ternyata tidak lah sulit. Anda tidka perlu berfikir terlalu berta karena olahan yang simple dan praktis bisa anda kreasikan. Contohnya, sup gurame kemangi asam pedas. Wah, dari namanya saja sudah bisa terbayang kan bagaimana kesegaran menu ini. Lebih utama, jika kita perhatikan kandungan gizi ikan gurame dan kemangi. Gurame membantu menjaga kesehatan kulit, mengganti generasi sel sel yang rusak dan gurame sangat baik untuk pertumbuhan anak usia balita. Begitu juga dengan kemangi, daun ini biasa dipakai untuk lalapan yang bisa menjaga kesehatan mata, mengatasi bau mulut dan bau badan, Sruuuup.....kesegaran sup gurame kemangi asam pedas ternyata menyimpan kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. 

Resep sup gurame kemangi asam pedas
Citarasa menu kali ini sangat menggugah selera anda. Kehangat sup yang masuk dalam tubuh memulihkan mood anda kembali. Sup perlu anda sajikan dalam waktu sepekan. jadi supaya ada variasi menu dan kreasi menu yang bisa dinikmati keluarga tanpa harus keluar rumah, Dengan membuat sendiri anda bisa mengontrol zat perasa yang anda tambahkan. Namun, untuk menjaga kesehatan jangka panjang, sebaiknya tidka perlu menambahkan zat perasa yang biasa dijual di pasaran. Menu kali ini, gurame dan kemangi menjadi pembahan zat perasa alami yang jauh lebih nikmat dan lezat. Ehm, berikut ini resep dan cara membuat resep sup gurame kemangi asam pedas:

resep masakan sehari hari sup gurame kemangi asam pedas


Bahan-bahan sup gurame

1 kg - ikan gurame
3 buah - jeruk nipis untuk merendam ikan
2 buah - belimbing sayur/wuluh dipotong dua
3 buah - cabai merah besar diiris halus
6 buah - cabai rawit merah iris halus atau biarkan utuh
1 tangkai - seledri diiris halus (ambil daunnya)
1 batang - daun bawang dipotong-potong
1 buah - tomat dipotong-potong
1 batang - serai diambil tengahnya lalu geprek
2 lembar - daun salam
5 cm - jahe dipotong menjadi 3 bagian lalu digeprek
5 cm - lengkuas (laja) dipotong 3 bagian lalu di geprek dan potong-potong
1 tangkai - kemangi dipetik daunnya
3 lembar - daun jeruk
600 ml - air
3 sendok makan - minyak untuk menumis


Bumbu kuah sup gurame yang diulek halus

6 butir - bawang merah
3 siung - bawang putih
1 sendok makan - garam
1 sendok teh - lada biji
1 sendok makan - gula merah yang sudah diserut
1 sendok makan - gula pasir
6 buah - kemiri


Cara Membuat Sup Gurame Asam Pedas :
  1. Buang isian perut ikan gurame dan insangnya lalu cuci bersih serta potong-potong sesuai selera kemudian rendam dengan air jeruk nipis kira-kira 15 menit.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang diulek halus lalu aduk-aduk sampai harum. Masukkan belimbing sayur/wuluh, cabai rawit merah, cabai merah besar, daun seledri, daun bawang, tomat, serai, daun salam, jahe, lengkuas, daun kemangi dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata.
  3. Tuangkan air, lalu masukkan ikan yang sudah direndam tadi. Aduk sebentar lalu tutup wajan hingga bumbu meresap dan airnya agak menyusut atau masak sampai matang. Angkat dan siap untuk disajikan.

Untuk menghaislkan menu sup gurame kemangi yang lezat dan segar, proses persiapan hingga penyajian ini membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Anda bisa memasukkan jadwal menu ini pada resep weekendd dimana anda bisa dibantu suami atu anak-anak saat liburan. Supaya menghasilkan gurame yang tidak amis, bisa anda tambahan perasan jeruk nipis. Pastikan semua rempah bahan bumbu halus dan kemangi masih dalamkondisi segar. Selamat mencoba. 



No comments:

Post a Comment