Monday, January 11, 2016

Resep Kacang Panjang Tempe Kuah Santan Pedas

Resep Kacang Panjang Tempe Kuah Santan Pedas- Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia.Selain sebagai masakan, ternyata Kacang Panjang juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya : antikanker, kanker payudara, leukemia, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing.

Resep Kacang Panjang Tempe Kuah Santan Pedas
Cara masak kacang panjang juga seringkali dipadukan dengan bahan-bahan lainnya, pada sayur kacang panjang kuah santan kali ini disandingkan bersama potongan tempe dan cabe hijau dengan bumbu pedas.
Masakan berkuah hangat yang gurih dengan bumbu yang sedap dapat membuat selera makan semakin bertambah. Dengan cara membuat yang mudah, sayur kacang panjang santan campur tempe kuah pedas kian menambah variasi referensi.


Berikut resep kacang panjang tempe kuah santan pedas:

Bahan :
250 gram - kacang panjang dipotong-potong sesuai selera
300 gram - tempe dipotong potong menurut selera anda
100 gram - cabe gendot atau cabe hijau dipotong-potong
1 batang - bawang daun dipotong kasar
1 buah - tomat dipotong-potong
1 sendok teh - kaldu bubuk
4 sendok makan - kecap manis
700 ml - air
200 ml - santan kental dari 1/2 butir kelapa
Minyak sayur - secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
2 siung - bawang putih
6 butir - bawang merah
1 sendok makan - garam
5 butir - kemiri
1/2 sendok teh - terasi
1 sendok makan - gula merah
2 buah - cabe merah besar
4 buah - cabe rawit merah atau sesuai selera

Cara Membuat Sayur Kacang Panjang Santan Pedas :
  • Panaskan sedikit minyak dalam wajan lalu tumis bumbu yang telah di haluskan, aduk-aduk sampai harum sambil tambahkan bawang daun dan tomat.
  • Masukkan potongan tempe dan cabe gendot atau cabe hijau, tuang air sedikit demi se dikit. Aduk-aduk kembali sampai bumbu tercampur rata.
  • Tuangkan santal kental, kemudian masukkan potongan kacang panjang, tambahkan kaldu bubuk dan kecap manis. Aduk-aduk dan masak sampai mendidih dan sayur matang, angkat dan siap untuk disajikan hangat-hangat. 
Demikianlah resep memasak kacang panjang tempe kuah santan yang mudah dan bisa anda praktekkan dirumah menjadi menu keluarga. Dalam memasak sayuran hijau seperti kacang panjang sebiaknya jangan terlalu lama karena kandungan gizi dalam kacang panjang akan tetap terjaga jika dimasak tidak terlalu lama . Selamat mencoba ya .

No comments:

Post a Comment