Friday, January 8, 2016

Resep Bawal Asam Manis Nanas Pedas

Resep Bawal Asam Manis Nanas Pedas - Ikan bawal adalah sejenis ikan air tawarr dari keluarga bramidae.. Ikan bawal ini cukup terkenal baik di nusantara maupun manca negara, sebab rasa dari daging bawal ini yang sangat gurih dan memilili daging dengan tektur lembut. Bawal hidup hampir di semua perairan Indonesia. Selain rasa dagingnya yang khas ikan bawal juga mempunyai segudang manfaat yang sangat baik seklai bila di konsumsi oleh tubuh, tentunya dalam keadaan daging yang matang.Selain rasanya yang enak meskipun di masak bagaimanapun tetap tidak akan menghilangkan cita rasa dari ikan. 

Resep Bawal Asam Manis Nanas Pedas
Cara membuat ikan bawal asam manis nanas yang segar dengan cita rasa pedas tentu bisa membantu kita untuk menghidangkan olahan berbahan ikan yang istimewa. Dalam memasak olahan ikan terutama bawal anda bisa mencoba tips bagaimana menghilangkan bau amis yang berasal dari ikan. Sebaiknya pilih ikan yang masih segar. Karena biasanya semakin tidak segar maka bau amis semakin menyengat,isi perut, sisi dan insang seluruhnya dibuang. Lalu dipotong atau difilet sesuai kebutuhan. Kemudian cuci bersih dan Siapkan perasan jeruk nipis dan garam, aduk rata, lalu letakkan ikan lalu bolak balik agar merata mengenai seluruh bagian ikan, lalu diamkan selama 10 menit. 
Nah setelah mengetahui tips menghilangkan bau amis pada ikan bawal, langsung saja simak resep ikan bawal asam manis berikut :
Resep Bawal Asam Manis Nanas Pedas
Bahan :
1 kg - ikan bawal
1 buah - jeruk nipis
1 buah - nanas muda dikupas dan potong-potong sesuai selera
3 buah - cabe hijau besar dipotong-potong
3 buah - cabe merah besar dipotong-potong
1 buah - bawang daun dipotong-potong
1 buah - bawang bombay dipotong-potong
1 buah - tomat dipotong-potong
2 cm - jahe dimemarkan
5 sendok makan - saus tomat
5 sendok makan - saus cabai
4 sendok makan - kecap manis
1/4 sendok teh - lada bubuk
1/4 sendok teh - kaldu bubuk
1 sendok makan - gula pasir
1 sendok makan - gula merah yang sudah diserut
1/2 sendok makan - garam
2 mata - asam jawa dilarutkan dengan 3 sendok makan air
1 sendok makan - tepung maizena dilarutkan dengan 4 sendok makan air
300 ml - air
Minyak sayur - secukupnya untuk menggoreng dan menumis.

Bumbu halus :
2 siung - bawang putih
6 butir - bawang merah 
5 buah - cabe rawit merah

Cara Membuat Bawal Asam Manis Nanas Pedas : 
  • Bersihkan isi perut dan buang insang, kerat-kerat badannya lalu cuci bersih. Lumuri dengan air jeruk nipis, diamkam kira-kira 10 menit.
  • Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, goreng ikan bawal hingga hampir kering, angkat dan tiriskan dari minyak.
  • Panaskan sedikit minyak dalam wajan lalu tumis bumbu halus, aduk-aduk sampai harum. Tambahkan bawang daun, tomat, jahe, bawang bombay, cabai hijau besar dan cabe merah besar.
  • Tuangkan air, masukkan saus tomat, saus cabai, lada bubuk, kaldu bubuk, gula pasair, gula merah, kecap manis dan larutan asam, aduk-aduk sampai semua bumbu tercampur rata.
  • Masukkan potongan nanas dan tuangkan larutan maizena, selanjutnya masukkan ikan bawal goreng tadi. Aduk-aduk dan masak sampai mendidih serta kuah mengental dan matang, angkat dan siap untuk dihidangkan.
Demikianlah Resep Ikan Bawal yang bisa anda jadikan referensi menu hidangan di meja makan keluarga anda. Selain enak ikan bawal juga memiliki manfaat untuk kesehatan kita , salah satunya adalah kandungan kalsitriol kepada vitamin D yg dihasilkan ikan bawal berfungsi utk system immune modulator. Nutrisi ini sesuai untuk anda yg mudah terkena virus flu, demam, batuk, pilek ataupun sakit kepala. Mampu mengatasi anemia dan mengandung zat yang baik untuk pertumbuhan otak pada anak. Wah, hidangan yang nikmat namun juga menyehatkan ya. Selamat Mencoba. 

No comments:

Post a Comment