Wednesday, January 6, 2016

Resep Sayur Labu Siam Santan Kuning Pedas

Resep Sayur Labu Siam Santan Kuning Pedas-Menu masakan kali ini menggunakan bahan dasar labu siam, Labu Siam adalah tumbuhan suku labu-labuan yang dapat dimakan buah dan pucuk mudanya. Labu siam merupakan sayuran sekunder namun hampir selalu dapat dijumpai di pasar. Buahnya biasa direbus sebentar untuk menghilangkan getahnya lalu dimakan bersama sambal terasi sebagai lalap atau menjadi campuran sayur bening dan sayur bobor. Buahnya dapat juga dirajang dan menjadi campuran untuk melunakkan siomay. Pucuk yang masih muda dapat direbus dan dibuat cah.

Resep Sayur Labu Siam Santan Kuning Pedas
Cara membuat sayur labu siam campur tahu kali ini dimasak berkuah santan dengan bumbu kuning sehingga memiliki cita rasa yang sedap dan gurih.Kombinasi cabe gendot memberikan variasi rasa pedas, cabe hijau atau cabe merah juga dapat digunakan sebagai alternatifnya. Sayur labu siam santan ini patut untuk anda coba dan rasakan juga sangat sayang kalau anda lewatkan begitu saja. Bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat sayur ini sangat mudah untuk kita dapatkan karena banyak terdapat dipasaran bahkan diwarung-warung kecilpun biasa tersedia labu siam. Selain rasanya yang enak, proses membuatnya juga sangat cepat.

Dibawah ini adalah cara membuat sayur labu siam enak:
Resep Sayur Labu Siam Santan Kuning Pedas
Bahan serta Bumbu Sayur Labu Siam
500 gram - labu siam
5 buah - tahu dipotong dadu
5 buah - cabe gendot dipotong-potong
1 lembar - daun salam
1 batang - serai, ambil putihnya lalu geprek
3 cm - lengkuas digeprek
1 sendok makan - garam
1/2 sendok teh - merica
1/4 sendok teh - kaldu bubuk
1 sendok teh - gula pasir
800 ml - santan cair dari 1/2 butir kelapa
Minyak - secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
6 butir - bawang merah
2 siung - bawang putih
4 buah - cabe rawit merah
3 cm - kunyit 
4 butir - kemiri
2 cm - kencur

Cara Membuat Sayur Labu Siam
  1. Kupas kulit labu siam dan potong-potong sesuai selera. Rebus dengan air secukupnya sebentar saja selama tidak lebih dari 10 menit, sekedar untuk menghilangkan getah, lalu angkat dan tiriskan lalu sisihkan dahulu.
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu yang dihaluskan, tambahkan daun salam, serai dan lengkuas sambil diaduk-aduk hingga harum.
  3. Masukkan potongan labu siam, tahu serta cabe gendot. Aduk-aduk kembali sampai bumbu tercampur rata.
  4. Tuangkan santan lalu masak sambil terus diaduk, beri garam, merica, kaldu bubuk dan gula pasir. Masak sampai mendidih serta labu siam empuk dan matang, angkat dan siap untuk disajikan bersama taburan bawang goreng.
Itulah cara memasak sayur labu siam santan kuning pedas. Anda bisa menambahkan atau mengganti campuran pendamping dalam sayur labu siam ini seperti menggunakan tempe atau menambahkan pete dan lainnya. Selamat mencoba ya.

No comments:

Post a Comment