Monday, January 4, 2016

Resep Sayur Toge Tahu Bening Tanpa Santan

Resep Sayur Toge Tahu Bening Tanpa Santan- Sayur toge memang sering dijadikan sebagai masakan sehari-hari dan banyak mengandung banyak sifat senyawa fitokimia. Toge sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, agar zat muda dalam tauge masih utuh. Namun bagi anda yang tidak dapat memakan toge dalam keadaan mentah dapat dicampurkan dengan sup yang hampir selesai masak dan jangan memasak toge sampai matang. Touge memiliki banyak manfaat dan kandungan diantaranya vitamin c dan enzim yang terkandung didalamnya. Touge mampu mencegah penuaan dini,meningkatkan kesuburan bahkan sampai mencegah kanker.

Resep Sayur Toge Tahu Bening Tanpa Santan
Sayur toge tahu bening adalah salah satu aneka menu masakan sayur berkuah bening tanpa santan yang enak dan segar. Toge dan tahu ini sudah tidak asing lagi dan biasa ditemukan di warung-warung makan atau kantin. Saat memasak toge sebaiknya tidak terlalu lama karena agar cita rasa tode tetap segar dan lebih gurih. Cara memasak toge sendiri cukup dicampurkan merata dengan bumbu lain atau anda bisa memasukkan toge terakhir apabila dimasak dengan bahan lain yang membutuhkan proses masak lebih lama. 

Berikut akan kami sajikan resep memasak sayur toge tahu bening tanpa santan :
Resep Sayur Toge Tahu Bening Tanpa Santan
Bahan dan Bumbu Sayur Toge Tahu
250 gram - toge dibuang akarnya
5 buah - tahu ukuran sedang dipotong sesuai selera
5 buah - bakso dipotong-potong
4 buah - cabe gendot dipotong sesuai selera
1 batang - bawang daun dipotong kasar
1 buah - tomat dipotong sesuai selera
3 butir - bawang merah diiris-iris
2 siung - bawang putih diiris-iris
3 buah - cabe merah besar diiris tipis
1/2 sendok teh - merica
1 sendok makan - garam
1 sendok makan - gula pasir
1/4 sendok teh - kaldu bubuk
500 ml - air
Minyak - secukupnya untuk menumis

Cara Membuat Sayur Toge Tahu 
  • Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis bawang daun, tomat, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, merica, dan garam. Masukkan potongan tahu, kemudian aduk-aduk sampai bumbu meresap dan harum.
  • Tuangkan air, selanjutnya masukkan potongan bakso, cabe gendot dan toge, sambil sesekali diaduk tambahkan gula pasir serta kaldu bubuk. Aduk rata dan masak sampai matang, angkat dan siap untuk disajikan hangat-hangat.
Resep sayur toge tahu ini juga sering dikreasikan dengan kombinasi bahan lainnya, dimana kali ini kita memakai cabe gendot yang memiliki cita rasa khas pedas. Jenis cabe gendot yang terkenal dengan rasa pedas sekali, sehingga sering digunakan dalam bumbu masakan orang Sunda atau Jawa Barat, cabe hijau juga bisa kita gunakan sebagai alternatifnya. Anda bisa memilih kombinasi dan kreasi lainnya sesuai selera. Masakan sayur ini juga lebih sehat saat dihidangkan di meja makan keluarga karena tidak menggunakan santan sama sekali sehingga tidak mengandung lemak. Sekarang anda bisa mencoba memulai mencoba resepnya. Selamat mencoba.

3 comments:

  1. Terimakasih Resep Sayur Toge Tahu Bening Tanpa Santan nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Aneka Kue Kering

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete