Tuesday, January 5, 2016

Cara Membuat Seblak Basah

Seblak basah, warga Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan seblak, kan? Usut punya usut, pada tahun 1940 seblak ini mirip Sumpiuh atau kerupuk godhog. Seblak mulai populer pada tahun 2000. Penggembar makanan khas ini tidak hanya disukai oleh warga Jawa Barat, siapapun yang sudah pernah merasakan camilan ini bakal mencarinya lagi. Kini, seblak bisa anda dapatkan di mana saja, namun jika anda berkunjung ke Bandung jangan tunda lagi untuk membeli Seblak 

Cara Membuat resep seblak basah 
Seblak basah ini memang rasanya khas. Kerupuk direbus, tampak aneh ya? kan biasanya digoreng? Seblak basah berkuah memiliki citarasa yang membuat lidah anda makin bergoyang karena bumbu rempah rempah seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabe rawit. Yang membuat seblak basah ini berbeda adalah tingkat kepedasan pada seblak. Penyuka pedas, pasti anda memilih seblak dengan level kepedasan paling tinggi. Jika anda membuat seblak basah di rumah, malah makin hemat dan bisa disesuaikan dengan selera anda beserta keluarga. Berikut resep lengkapnya:

cara membuat resep seblak basah

Resep Seblak Basah 

Bahan-bahan : 
1 butir - telur 
100 gram - kerupuk aci mentah warna warni 
50 gram - macaroni 
500 ml - air 
1/2 sendok teh - penyedap/kaldu bubuk 
1/2 sendok teh - garam 
1 sendok teh - gula pasir 
6 sendok makan - minyak untuk menumis dan menggoreng telur 

Bumbu yang dihaluskan : 
2 cm - kencur 
1 siung - bawang putih 
7 buah - cabai rawit merah 
10 buah - cabai keritng merah 

Cara Membuat Seblak Basah Bandung 

  1. Panaskan 3 sendok makan minyak, goreng telur orak-arik sampai setengah matang, sisihkan. 
  2. Siapkan wajan, panaskan minyak lagi lalu tumis bumbu yang dihaluskan. Aduk-aduk sampai harum kemudian masukkan telur orak-arik tadi, tambahkan air setengahnya (250 ml) dahulu sambil diaduk-aduk agar tidak gosong. 
  3. Masukkan kerupuk warna-warni, macaroni dan sisa air tadi sambil diaduk-aduk. Beri penyedap, garam dan gula pasir lalu aduk-aduk sampai tercampur rata serta bumbu meresap dan matang. Angkat dan siap untuk disajikan.
Seblak memang menjadi camilan sederhana namun kelezatannya tidak ada yang meragukan lagi. Anda bisa berkreasi dari bahan dasar diatas. Misalnya, menambahkan orak arik telur yang dicampurkan bersama seblak. Dari sisi modal, seblak tergolong menu yang sangat hemat dan terjangkau. Untuk menemani kebersamaan anda dengan keluarga, sepertinya anda patut mencoba menu seblak basah ini.


No comments:

Post a Comment