Tuesday, January 12, 2016

Resep Cumi Saus Padang

Resep Cumi Saus Padang -  Menu sehari hari yang spesial bisa anda sajikan di tengah-tengah keluarga. Yang dimaksud spesial bisa dari bahan yang harganya mahal, cumi-cumi misalnya. Jika keseharian anda sudah berkreasi mengolah bahan dasar tahu dan tempe, saatnya anda menyuguhkan hidangan spesial ala restoran yaitu cumi saus padang. Ditinjau dari kesehatan, cumi-cumi menyimpan mineral dan gizi yang baik untuk kesehatan. Terutama bagi ibu hamil dan anak-anak. 

Resep cumi saus padang
Kenikmatan kuliner seafood sudah tidak diragukan lagi. Proses persiapan bahan utama harus benar-benar dilakukan secara baik. Cumi-cumi harus dibersihkan terlebih dahulu, adanya tinta hitam bisa membuat resep tidak berhasil. Citarasa cumi yang berpadu dengan irisan bawang bombay dan saus sangat lumer di lidah. Menggugah selera makan anda karena didukung tampilan masakan yang merekah dan menarik selera makan anak-anak. Tidak ada salahnya anda menjadwalkan resep ini dalam sepekan sekali. Simak ya resep berikut:

cumi saus padang resep masakan sehari hari

Bahan resep cumi saus padang:

600 gram - cumi ukuran sedang
1 buah - jeruk nipis
10 buah - cabe ijo besar dipotong serong
10 buah - cabe ijo keriting dipotong-potong
3 sendok makan - saus sambal
2 sendok makan - saus tomat
2 sendok makan - saus tiram
1 buah - tomat dipotong-potong
1 batang - bawang daun dipotong kasar
1 buah - bawang bombay dipotong-potong
1 batang - serai diambil tengah lalu digeprek
2 cm - jahe digeprek
1 lembar - daun salam
1/2 sendok makan - garam
1/4 sendok teh - merica bubuk
1/2 sendok teh - kaldu bubuk atau penyedap
1 sendok makan - gula merah yang sudah diserut
1 sendok makan - gula pasir
300 ml - air
1 sendok makan - tepung maizena dilarutkan dengan 2 sendok makan air
Minyak - secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

2 siung - bawang putih
6 butir - bawang merah
6 buah - cabe merah besar
10 buah - cabe setan atau cabe rawit merah

Cara Membuat Cumi Saus Padang Pedas :
  1. Cumi dicuci bersih dan buang tintanya, potong-potong kemudian lumuri dengan air jeruk nipis, sisihkan.
  2. Panaskan wajan dengan api sedang, masukkan juga sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bumbu yang dihaluskan, lalu aduk-aduk sampai harum. Masukkan potongan cumi, sambil diaduk masukkan pula bawang bombay, bawang daun, tomat, serai, jahe dan daun salam. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata dan meresap.
  3. Masukkan saus sambal, saus tomat dan saus tiram, serta bubuhi garam, merica, kaldu bubuk, gula merah dan gula pasir. Aduk-aduk sampai bahan serta bumbu tercampur rata.
  4. Terakhir tuang air, kemudian masukkan cabe hijau besar dan cabe keriting hijau, aduk rata dan masak sampai cumi matang. Selanjutnya masukkan larutan maizena, aduk-aduk serta masak sampai mendidih dan kuah meletup-letup. Matikan api, kemudian angkat dan cumi saus padang siap untuk dihidangkan.
Pilihlah cumi yang berukuran sedang supaya hasilnya rata. Pastikan anda memilih bumbu yang dihaluskan dengan bahan berkualitas dan masih segar. Saus padang memang identik dengan tingkat kepedasan rendah namun anda bisa menambahkan cabe sesuai selera anda dan keluarga. Jika memasak khusus untuk anak-anak, cabe bisa anda tiadakan dalam resep. Selamat mencoba ya


No comments:

Post a Comment